Juli 16, 2013

11 Tips Penting Buat Para Designer


Hai Sobat-sobat sekalian, walaupaun suasana Ramadhan yang penuh dengan nuansa religius tentunya bagi para sobat yang berprofesi sebagai Designer ataupun suka dengan hal yang berhubungan dengan Design tentu tidak akan begitu saja melupakan apapun yang berhubungan dengan design kan??

Nah pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi informasi kepada Sobat semua mengenai 11 Tips Penting Buat Para Designer yang saya dapat dari seorang great profesional designer sang owner situs Sribu.com
ok sobat-sobat sekalian mari kita bahas..

1.    Don’t Stop to Learn
Bagi sobat sobat yang sudah pinter dalam hal design mendesign jangan berpuas diri dulu, sobat-sobat perlu terus belajar akan semua hal yang berhubungan dengan peningkatan kemampuan sobat sekalian, yang sobat dapatkan bisa saja masih kurang, bisa saja sobat sekalian menemukan seseorang yang lebih baik dimana sobat sendiri belum memiliki ilmu ataupaun kemampuan seperti orang tersebut. Jika sobat sudah pinter Coreldraw tidak ada salahnya jika sobat mencoba untuk mempelajari Photoshop ataupun Adobe Ilustrator, banyak tips maupun tutorila yang bisa menjadi bahan pelajaran ataupun tambahan ilmu byat sobat-sobat sekalian.
2.   Membaca tentang Design
Sobat sekalian perlu gali semua yang berhubungan design, baik itu dari buku, maupun artikel di internet, ikut dalam sebuah pembicaraan para designer bisa saja sobat mendapat tambahan ilmu baru kan..sobat perlu menjadi orang ter-Update mengenai bidang ini, sobat sekalian perlu mengetahui apa saja perkembangan terbaru tentang dunia design.
3.   Tandai semua yang menarik
Bagi sobat sekalian tentunya sering mengakses internet hampir setiap hari kan, tandai apa saja yang menurut sobat penting, kalau perlu sedot saja jika menarik bagi sobat sekalian, tentu saja jika mendapatkan izin untuk disedot. Membaca buku maupun artikel juga seperti itu, tandai apa saja yang membuat sobat sekalian tertarik, bisa saja akan menjadi hal yang penting buat sobat nantinya.
4.   Tetap terorganisasi
Banyak dari para designer yang lupa akan hal ini, dia terlalu sibuk dengan apa yang ia lakukan sehingga menyebabkan yang lainya terbengkalai. Kalo menurut mas Ryan sih para designer mesti ngatur sedemikian munngkin supaya kehidupan dan pekerjaan seimbang. Buatlah semuanya menjadi rapi dan tertata dengan baik, menyusun buku milik sobat sendiri misalnya supaya jika ingin membaca mudah ditemukan.
5.   Manfaatkan jejaring sosial
Jejaring sosial jangan disepelekan kata mas Ryan, manfaatkan sedemikian rupa sehingga kita bisa memperoleh informasi dari jejaring sosial tersebut, tidak hanya sebagai media komunikasi sosial atau tempat buat bergalau ria tapi sebagai peraup informasi, manfaatkan timeline pada twitter misalnya dan cobalah cari info mengenai topik design.
6.   Jangan takut berbeda
Banyak orang takut tampil beda dengan orang lain, nah ini persepsi yang salah, tampil beda kenapa mesti takut. Berani berbeda dengan kreasi dan karya sendiri adalah suatu yang bagus, karna ia akan menjadi keunikan sendiri nantinya. Nah buat sobat sekalian tips ini merupakan salah satu tips yang mesti dijalankan.
7.   Tunjukkan dirimu
Menunjukkan diri pada dunia adalah salah satu cara supaya kita menjadi di kenal sob, sobat bisa liat pada situs http://deviantart.com mereka memamerkan karya mereka pada dunia sehingga mereka menjadi dikenal. Sobat sekalian bisa membuat portofolio sendiri ataupun blog sendiri untuk memamerkan karya sobat pada orang lain. Jejaring sosial juga bisa sobat gunakan kok buat mamerin hasil karya kita pada orang lain.
8.   Hasilkan duit
Banyak yang berpendapat kalo nge-design buat kesenanga diri, memang benar tapi tapa salahnya jika kesenangan atau hobi kita dijadikan uang. Karya kita dibeli menunjukkan kalo kita mempunyai kemampuan. Kalo menurut mas Ryan salah satu cara yang mudah bisa dengan menjadi freelancer.
9.   Olahragalah.
Jangan hanya duduk di depan komputer sob, sobat perlu memperhatikan kebugarn tubuh juga. Sekali-kali berolahragalah walaupun ringan, jogging misalnya ataupun senam aerobik.
10. Mengurangi pekerjaan.
Mengurangi kerja merupakana salah satu agar kerja kita menjadi produktif. Tapi kalo tidak bisa jangan dilakukan. Jangan biarkan diri kita sibuk dengan pekerjaan yang kita sendiri tidak bisa menghandle dengan baik karna saking banyaknya.
11.  Bersantailah!! Hidup enggak hanya buat kerja.
Ini merupakan salah satu tips yang penting banget buat sobat sekalian. Jangan hanay duduk kerja di depan komputer atau laptop saja, pergilah keluar untuk bermain maupun sekedar jalan-jalan. Jangan sampai karena pekerjaan sobat menjadi orang yang kurang pergaulan, buatlah kenangan yang manis yang nantinya bisa sobat ceritakan buat anak cucu, nikmati hidup yang cuma sekali ini dengan baik

Nah sobat sekalin, dengan adanya 11 tips tadi saya harapkan dapat bermanfaat buat sobat Designer semuanya. Dapat diabil kesimpulan bahwa kita mesti nyeimbangin antara kehidupan dan pekerjaan kita. Jika sobat memahami tips yang saya sampaikan tadi sobat bakalan ngerti kalao saya bikin tips tadi tidak lain untuk memotivasi kita semua dan saling berbagi ilmu.

0 komentar:

Posting Komentar